Bupati Andri Warman Resmikan Kawasan Agrowisata Sariak Kabupaten Agam

Bupati Andri Warman Resmikan Kawasan Agrowisata Sariak Kabupaten Agam

AGAM - Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, resmikan pemakaian Surau Al-Liqo’ dan kawasan agrowisata Sariak, di Jorong Sariak Ateh, Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Senin (2/8/2021).

Peresmian ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, disaksikan anggota DPRD Agam, Camat Sungai Pua, Wali Nagari Sariak, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Wali Nagari Sariak, Fithrianos mengatakan, Nagari Sariak adalah nagari yang memiliki banyak potensi, baik di bidang pertanian maupun wisata.

“Nagari Sariak adalah nagari pemasok sayur mayur terbesar di Sumbar, untuk memenuhi kebutuhan beberapa daerah dan provinsi di Sumatera, ” ujarnya.

Dikatakan, karena berada di kaki Gunung Marapi, Nagari Sariak memiliki tanah yang subur. Oleh sebab itu, masyarakat memanfaatkannya untuk dijadikan kawasan agrowisata.

“Kawasan yang dijadikan sebagai agrowisata lebih kurang seluas 96 hektare. Dimana dalam 96 hektare tersebut, juga terdapat beberapa potensi yang bisa dijadikan sebagai objek wisata, ” ujarnya.

Dijelaskan, diantaranya wisata religi, yaitu masjid tertua, dan peninggalan situs sejarah seperti, lasuang 12, cancang lauk 16, lasuang gadang, rumah panjang, dan lain sebagainya.

“Dengan segala upaya yang dilakukan oleh masyarakat dalam memajukan Nagari Sariak, Alhamdulillah salah seorang tokoh masyarakat, bersedia membangun sebuah rumah ibadah yang bernama Surau Al-Liqo’, ” jelasnya.

Fithrianos mengucapkan terimakasih kepada Angku Dt Rangkayo Basa, karena telah menjadi donatur dalam pembangunan Surau Al-Liqo’.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, mengapresiasi masyarakat dan Pemerintah Nagari Sariak, yang telah berkerja sama dalam memajukan Kabupaten Agam, khususnya di Nagari Sariak.

“Karena hal tersebut sejalan dengan salah satu program Kabupaten Agam, yaitu mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah, ” ujarnya.

Andri Warman berharap, dengan adanya kawasan agrowisata ini, semoga kedepannya kawasan ini bisa dikelola dengan baik, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat di Nagari Sariak.

“Ditambah, di kawasan ini juga sudah dibangun Surau Al-Liqo’, sehingga masyarakat dan wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai tempat ibadah, ” jelasnya

Usai peresmian pemakaian Surau Al-Liqo’ dan Kawasan Agrowisata, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman beserta rombongan, meninjau lokasi wisata petik jeruk dan penggemukan sapi yang berada di kawasan tersebut. (MC Agam/toeb)

Andri Warman
Wirausaha

Wirausaha

Previous Article

Bupati Agam Buka Diklat 3 In 1 Pembuatan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Asep Wahidin

Alamsyah putra

Alamsyah putra

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 5

Registered: Jul 29, 2021

Wirausaha

Wirausaha verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 79

Registered: Jul 9, 2020

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Apr 23, 2021

Zul Abrar

Zul Abrar

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Apr 27, 2021

Profle

Asep Wahidin

PMKM Prima Indonesia DPC Kota Medan Miliki Produk Unggulan “Rujak Uleg Simpang Jodoh"

Follow Us

Recommended Posts

Percepat Hilirisasi Ekonomi Digital, Kominfo Latih Kompetensi Digital Pimpinan Lembaga
Tidak Hanya Rotan, PT Sarikaya Sega Utama Ekspor Daun Gelinggang Kering
Digital Talent Scholarship 2021 Rekrut 60 Ribu Peserta, Kominfo Targetkan 40 Ribu lagi
Kemenparekraf Sandiaga Uno Pastikan Pengembangan DSP Labuan Bajo Sesuai dengan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan
SKK Migas: Alih Kelola Blok Rokan Berjalan Mulus